RSS

Membuat Foto Menjadi Cartoon dengan Photoshop


 Nah, sebelum saya mulai memberikan tutorialnya, saya mau cerita asal mula kenapa saya bisa buat cartoon dari photoshop. Ceritanya berawal dari sebuah tugas TIK yang sebenarnya disuruh untuk membuat cartoon dari corel draw dengan efeknya di photoshop, tapi saya salah paham. Saya malah buat cartoon dari photoshop, bukan efeknya. Sangat menyebalkan sekali ! Padahal buatnya udah lamaaaaaaaaaaaa banget, eh, ternyata salah. Aaaaaaaaargh ! Rasanya pengen terjun dari gunung Himalaya. Temen-temenku juga pada ngeledek aku pula. Sialan ! Sungguh-sungguh sialan ! Tapi kata guruku sih cartoonku bagus, tapi tetep aja salah. Untung aja aku punya temen yang namanya Abas Syahbana. Dia udah nyelamatin aku dari kepungan perasaan menyesal dan merugi. Katanya "Belajar itu tidak ada yang rugi". Aku tergugah dengan kata-kata supernya. Jadi apa yang udah aku buat itu pasti akan bermanfaat, kataku dalam hati.  Dia emang bener-bener my hero. Setelah kejadian itu, aku jadi bisa deh buat cartoon dari photoshop. Temen-temenku aja mungkin gak bisa. haha..

Sekarang perhatikan tutorialnya :

1. Pertama pilih foto yang ingin dijadikan cartoon. Foto yang saya pakai ini adalah foto teman saya yang namanya Siddha Saktya Mahatma.
2. Kalau foto yang dipilih  resolusinya kecil, bisa diperbesar dengan pilih menu Image pada menu bar, lalu pilih Image Size. Ganti Width atau Height sesuka hati. Pilih salah satu. Karena secara otomatis jika salah satu diganti (Width atau Height), maka salah satunya akan menyesuaikan.
3. Terus buat layer baru dengan tekan Ctrl + Shift + N atau pilih menu Layer pada menu bar, pilih New, dan Layer... Namai layer ini dengan nama "outline" untuk membedakan dari layer-layer yang lain.
4. Sekarang beralih ke Tool Box yang biasanya ada disebelah kiri. Pilih Brush Tool (B), atur sizenya.sekitar 5 px. Tempat untuk mengatur size biasanya berada di sebelah pojok kiri atas di bawah tool bar. Atur juga Hardnessnya menjadi 100% dnn pilih brush yang "hard round" (yang bulat penuh).
5. Gunakan warna Foreground berwarna "hitam". Foreground bertempat di tool box.
6. Sekarang pilih Pen Tool (P) yang juga berada di tool box. Lalu klik satu kali layer "outline" yang tadi sudah dibuat.
7. Nah, kini saatnya membuat outline dengan menggunakan Pen Tool. Lakukan secara hati-hati, bertahap dan sabar supaya hasilnya memuaskan. Buatlah garis tersebut sesuai dengan lekukan tubuh.

8. Kalau sudah selesai klik kanan (masih dengan Pen Tool) dan pilih Stroke Path.
9. Pada dialog Stroke Path, pilih toolnya "Brush" kemudian klik OK.
10. Untuk menghilangkan garis bekas Path Tool tadi, klik kanan lagi (masih dengan path tool) lalu pilih Delete Path.


11. Matikan tanda mata di bagian Layers yang bernama background.

12. Lakukan cara tadi secara bertahap untuk membuat bagian-bagian tubuh yang lain seperti mata, hidung, alis, bibir dsb, sedangkan untuk garis-garis halus seperti kerutan wajah ataupun baju, tinggal kecilkan ukuran/size brush, baru kemudian melanjutkan menggunakan Pen Tool tadi. Ingat posisi layer ada pada layer Outline.
13. Berikutnya kita buat layer baru di atas layer background. Pilih Edit di tool bar lalu pilih Fill. Isikan Contents dengan warna White. Maka layer tersebut akan terisi dengan wana putih tapi tidak mengilangkan outline yang telah dibuat.
14. Selanjutnya kita buat layer baru lagi di atas outline dan beri nama skin base. Ubah blendingnya menjadi Multiply untuk mewarnai kulit. Blending berada di bagian kotak Layers yang biasanya terdapat kata Normal.
15. Kemudian pilih Brush Tool (B), gunakan Hardessnya 100% dan sizenya bisa disesuaikan sendiri. Pilih warna sesuai dengan kulit ( atau terserah).
16. Mulai warnai bagian wajah atau semua bagian kulit yang terlihat. Jika ada pewarnaah yg berlebih, seperti keluar garis batas dan pada bagian putih mata serta bibir, nanti bisa dirapikan dengan cara dihapus menggunakan Eraser Tool (E). Saat menghapus, garis outline tadi tidak akan ikut terhapus karena sudah berada di layer skin base atau di layer yang berbeda.
17. Lakukan perwarnaan seperti langkah diatas, warnai baju dsb. Masing-masing buatkan layer sendiri-sendiri supaya pada saat poses pewarnaan dan merapikan tidak sulit. Namakan masing-masing layer dengan akhiran Base, misal : Baju base, Rambut base dsb. 
18. Sesudah tahap mewarnai, kita memasuki tahap pencahayaan. Mulai dari pencahayaan di bagian Kulit. Klik pada layer skin base kemudian buat layer baru, layer yang baru kita tambah tadi otomatis akan berada pas di atas layer skin base. Namai layer tersebut dengan skin shadow. Ubah blendingnya menjadi Multiply (Semua layer pewarnaan, gunakan blending Multiply).
19. Klik Color Picker (I) di tool box dan klik pada warna kulit tadi. Kemudian atur ulang warna Foregroundnya dan pilih warna kulit yang lebih gelap.
20. Berikutnya, pilih brush ToolHardnessnya 0%. Mulai memoles dibagian wajah yg akan dibuat menjadi lebih gelap.
21. Kalau sudah klik kanan pada layer skin shadow yang berada di atas skin base,  kemudian pilih Create Cliping Mask (atau bisa klik Layer pada tool bar dan pilih Create Cliping Mask, atau tekan Ctrl + G). Dengan begitu layer shadow tersebut akan menyatu dengan layer base, namun masih tetap berdiri sendiri.
22. Kecilkan Opacity (di kotak Layers) pada layer shadow, agar tidak terlihat terlalu gelap. Silahkan atur sesuka hati.
23. Lakukan semua langkah pembuatan shadow diatas, semua langkah-langkahnya sama. Tapi perlu diingat, untuk membuat layer shadow, klik dulu dibagian layer base yg akan kita buat shadownya baru kita membuat layer baru (Ctrl + Shift + N). Dan namakan semua layer shadow dengan akhiran shadow (supaya tidak bingung pada saat mau menyesuaikan). Misal : skin shadow, baju Shadow, rambut shadow, dsb. Pastikan semua layer shadow berada diatas layer base, agar pada saat menggunakan Create Clipping Mask dapat bekerja dengan baik.
24. Nah, jika semua sudah selesai maka jadinya akan seperti ini :



Dengan begini, semua apa yang saya kerjakan tidak sia-sia karena saya jadi bisa mengamalkan ilmu. Semoga bermanfaat.. amiin ^_^

 

1 komentar:

firman cool mengatakan...

terima kasih banyak info.y'

Poskan Komentar