Makalah : Daun Alpukat Sebagai Obat Antihipertensi

 

Daun Alpukat Sebagai Obat Antihipertensi

 

Oleh : Siti Khotijah Handayani/061511133210/E

 


1.      Klasifikasi

Kingdom         : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom    : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi     : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi              : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas               : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas         : Magnoliidae

Ordo                : Laurales

Famili              : Lauraceae

Genus              : Persea Mill

Spesies            : Persea Americana Mill

 

2.      Morfologi

-          Akar dan Batang

Tanaman alpukat adalah tanaman berkeping dua atau dikotil, dan system perakaran tanamannya adalah akar tunggang. Morfologi batang tanaman alpukat berkayu da berbentuk bulat serta warnanya coklat kotor. Tanaman ini mempunyai banyak ranting. Tanaman alpukat ini termasuk tanaman pohon kecil yang tingginuya bisa mencapai 5-10 cm.

-          Daun

Daun alpukat adalah daun tanggal dan simetris, mempunyai tangkai dengan panjang kira-kira 1 – 1,5 cm. Letak daun ini berdesakan diujung ranting, bentuk daunnya jorong hingga bulat telur atau oval memangjang serta tebal seperti kertas. Pangkal daun dan ujung daun alpukat yaitu meruncing dengan bagian tepinya yang merata, dan terkadang agak menggulung ke atas. Permukaan daun gundul dan pertulangan daunnya menyirip. Panjang daun tanaman alpukat kira-kira 10 – 20 cm dengan lebar 3 – 10 cm. daun yang masih muda berwarna kemerahan dan sketika sudah tua, daun berwarna hijau.

-          Bunga

Bunga tanaman alpukat merupakan bunga majemuk, mempunyai bentuk yang seperti bintang dan berkelamin dua. Bunga ini tersusun dalam malai yang muncul dekat ujung ranting, warnanya kuning kehijauan.

-          Buah

Buah alpukat adalah buah buni, bentuknya soerti bola atau bulat telur. Panjang buah alpukat antara 10 – 20 cm dan berwarna hijau atau hijau kekuningan, serta mempunyai bintik-bintik ungu. Buah ini berbiji satu, dan tesktur daging lunak ketika sudah matang, warnanya hijau kekuningan. Kulit buah alpukat tebalnya sekitar 1 mm dan berwarna hijau tua saat matang.

-          Biji

Biji alpukat berbentuk bulat seperti bola dengan diameter 2,5 sampai 5 cm dan keeping biji berwarna putih kemerahan. Perkembangan biji alpukat termasuk ke dalam tipe hypogeal, yaitu perkecambahan kotiledon tetap berada di dalam tanah.

 

3.      Nama Daerah

Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

 

4.      Bahan Aktif

Kandungan dalam daun alpukat salah satunya adalah kalium dalam ekstrak daun alpukat dapat menyebabkan dilastasi pembuluh darah, sehingga menimbulkan efek antihipertensi, seduhan daun alpukat dapat di gunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang diberikan 1x perhari setiap pagi sebanyak 100 cc selama 7 hari mengendalikan dan mengatasi tekanan darah tinggi dengan rata-rata 145,71/91,09 mmHg efek antihipertensi, dengan demikian seduhan daun alpukat menjadi alternatif untuk mengatasi hipertensi.

 

5.      Manfaat

Seduhan daun alpukat dapat di gunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang diberikan 1x perhari setiap pagi sebanyak 100 cc selama 7 hari mengendalikan dan mengatasi tekanan darah tinggi dengan rata-rata 145,71/91,09 mmHg efek antihipertensi, dengan demikian seduhan daun alpukat menjadi alternatif untuk mengatasi hipertensi.

 

6.      Mekanisme Bahan Aktif

Kalium dalam ekstrak daun alpukat dapat menyebabkan dilatasi pembuluh darah, sehingga menimbulkan efek antihipertensi.

 

7.      Pustaka

http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-alpukat/

https://id.wikipedia.org/wiki/Apokat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmPy0HLW2Ikm8hORsVBupY4bfDEnmHPtzPTTbsRspru2AzPh3auPfr5WhlWMkOTfqedNQLoMgSiJ8JQnsJNUQUoldLWWi8GxXhnOov8qihAhKSE7-UmOxCyyMEflftjF7JzrK2zTMn5w/s1600/Alpukat+rahab.png

 

 

Komentar