Tugas Proposal Bisnis Klinik Hewan

TUGAS

PROPOSAL BISNIS

KLINIK HEWAN BERSAMA

 


 

 

Oleh:

 

1. Siti Khotijah Handayani                          061511133210

2. Reni Utami                                                 061511133189

3. Karunia Intan Prayekti                            061411131086

4. Kusumaningdyah Wisnu Murty             061511133266

5. Nining Virgandina Vinola Sari                061611133009

 

 

 

 

PPDH XXXIV

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

UNIVERSITAS AIRLANGGA

SURABAYA

2020

 

 

A. Latar Belakang

Memelihara hewan merupakan salah satu hobi yang banyak diminati oleh masyarakat. Hewan peliharaan dapat dijadikan sebagai teman,  sosialisasi,  keindahan atau refreshing, status dan sesuatu untuk dilakukan (Made Wegamana, 2013). Berbagai jenis hewan dipelihara mulai dari mamalia, unggas hingga reptile. Jenis mamalia yang banyak dipelihara oleh manusia ialah anjing dan kucing. Semakin banyak masyarakat dalam memelihara binatang peliharaan,  maka kebutuhan dalam perawatan hewan juga semakin meningkat. Salah satu kebutuhan dalam perawatan hewan peliharaan tersebut adalah tentang kesehatan hewan.

Masalah kesehatan hewan merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku industri peternakan, masyarakat luas maupun akademisi. Sejak manusia tercipta dimuka bumi ini, permasalahan kesehatan hewan telah menjadi bagian penting untuk mewujudkan kesejahteraan, ketenangan dan kebahagiaan manusia. Hewan sebagai makhluk hidup sama seperti manusia yang memerlukan suatu kondisi yang sehat. Kesehatan merupakan sebuah kondisi atau pencapaian yang sangat diidamkan oleh setiap makhluk hidup. Tidak menjadi kemungkinan bahwa hewan juga seperti manusia yang terkadang bisa mengalami sakit.

Kesehatan hewan  peliharaan  adalah  suatu hal yang penting sebab mengobati penyakit tersebut  membutuhkan biaya yang lebih besar, disamping itu kondisi hewan yang sakit akan menjadi jelek dan rusak. Karena penyakit menular pada hewan mudah sekali menular ke manusia maupun hewan yang lainnya, maka diperlukan suatu cara bagi pemilik untuk mengetahui jenis penyakit dan pengobatannya agar secara efektif dapat melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan. Untuk mengidentifikasi penyakit pada hewan, biasanya seorang dokter hewan melakukan diagnosa dengan melihat keadaan dan gejala-gejala penyakit, kemudian dapat ditentukan penyakitnya serta cara pengendaliannya (S.J Entinger, 2000). Hal ini tidaklah  semudah  yang dibayangkan  karena seringkali seorang dokter hewan dihadapkan pada banyak pilihan dalam menegakkan diagnosa. Hal tersebut perlu didukung dengan fasilitas-fasilitas laboratorium yang memadai.

Sarana kesehatan sangat dibutuhkan dalam berkonsultasi dan menangani penyakit hewan dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas yang lengkap. Dengan demikian persebaran penyakit pada hewan dan penyakit yang disebabkan oleh hewan dapat berkurang. Selain itu, terdapat juga hewan-hewan  yang  memiliki habitat kurang layak dan tidak terjaga kesehatannya yang memerlukan perawatan layaknya hewan peliharaan.

Berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik untuk merancang Klinik Hewan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membantu pemilik hewan dan peliharaannya mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai. Klinik ini terdiri dari 5 dokter hewan praktik. Klinik yang buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam ini memilikiberbagai macam pelayanan yang cukup memadai untuk hewan peliharaan antara lain pemeriksaan hewan yang sakit, vaksinasi, opname, grooming, penitipan, dan penjualan makanan bagi hewan.

 

B. Profil Usaha

1.       Profil usaha yang dijalankan

Klinik hewan bersana merupakan sebuah bidang usaha yang berdiri pada tahun 2020 yang bergerak di bidang kesehatan hewan terutama hewan kecil. Pelayanan medis  klinik hewan  yang dapat berikut ini antara lain vaksin, bedah, steril dan lain sebagainya. Klinik ini akan menjadi rujukan pertama terutama bagi pasien. Selain untuk penanganan medis, klinik ini juga dapat melayani grooming untuk menunjang penampilan hewan peliharaan, penitipan yang terpercaya agar pet owner dapat bepergian dengan tenang. Serta penjualan petfood yang aman serta baik untuk kesehatan hewan.

Medis veteriner saat ini juga sangat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, oleh karena itu klinik yang kami jalankan juga akan terus melakukan inovasi dengan pengobatan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu dalam penegaan diagnosis yang akan kami lakukan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan rongent dan ultrasonografi.

Untuk penitipan dan grooming akan kami lakukan sebaik mungkin menjaga nutrisi dan tempat yang nyaman sesuai dengan esejahteraan hewan agar hewan yang dititipkan pada klinik kami dapat nyaman dan mendapatkan fasilitas yang baik.

Adapun limbah medis  yang dihasilkan akan kami kelola dengan baik sebelum dilakukan proses pembuangan agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

 

 

 

2.      Visi Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi Klinik hewan terintegrasi yang dikelola secara profesional sehingga mampu melaksanakan pelayanan maksimal sebagai wujud pengembangan medis veteriner yang mengutamakan kesembuhan pasien dan pelayanan yang terbaik.

 

Misi

-          Bekerjasama dengan beberapa mitra yang mendukung tersedianya alkes dan obat-obatan serta pemasaran

-          Menjadi opsi pertama pet owner untuk memeriksakan penyakit hewan peliharaannya

-          Mewujudkan penelitian dan sarana edukasi bagi pemilik hewan kesayangan agar lingkungan lebih sehat bagi manusia dan hewan.

-          Meningkatkan inovasi dalam pengobatan hewan yang lebih efisien

Tujuan

-          Melakukan pelayanan kesehatan di bidang veteriner

-          Membantu program pencegahan zoonosis di lingkungan masyarakat

-          Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat

 

3.      Analisis Usaha

Strength

-          Potensi dokter hewan praktisi semakin besar

-          Semakin banyak ornrang yang memelihara hewan kesayangan

-          Semakin banyak animal rescue

-          Relasi antar dokter hewan yang semakin besar

-          Akses tersedianya obat semakin mudah.

 

Weaknes

-          Daya saing antar dokter hewan praktisi sehingga membutuhkan daya tarik yang lebih kuat

-          SDM masih terbatas dan perlu bimbingan serta arahan yang lebih

-          Tingkat kepercayaan client dengan dokter hewan yang belum kuat

 

Opportunities

-          Semakin banyaknya pet owner yang peduli dengan kesehatan hewan peliharaannya.

-          Semakin dinamis dan kekerabatan antar dokter hewan dengan client yang terjaga

 

Threats

-          Sudah ada Rumah Sakit Hewan dan klinik dokter hewan ternama yang memiliki kredibilitas baik.

 

C. Perizinan

Usaha yang akan kami dirikan saat ini  yaitu usaha yang bergerak di bidang kesehatan hewan, oleh karena itu kami akan mengacu  pada Undang-Undang no 18 Tahun 2009 yang kemudian diubah menjadi Undang-Undang no 41 tahun 2014. Berdasarkan pasal 1 ayat 21 UU no 41 tahun 2014 terdapat usaha di bidang kesehatan hewan yang bergerak untuk menghasilkan produk dan jasa yang menunjang upaya dalam mewujudkan kesehatan hewan. Selain itu juga terdapat dasar hokum yang lain yaitu Peraturan Menteri Pertanian Nomor 02/Permentan/OT.140/1/2010 tentang pedoman  pelayanan jasa medic veteriner.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk izin pendirian klinik antara lain

1.      Scan fotocopi pengenal diri penanggungjawab/pemilik

2.      Daftar peralatan praktik

3.      Scan bukti pembayaran PBB (STTS) terakhir

4.      Scan surat kuasa bermaterai Rp 6.000,00 yang dilampiri KTP identitas pihak yang diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh pemohon)

5.      Scan SK lama

6.      Scan keterangan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI)

7.      Scan IMB atau surat keterangan sewa bangunan

8.      Scan memiliki bangunan, prasarana dan sarana usaha yang memenuhi persyaratan teknis hygiene sanitasi

9.      Scan fotocopi surat keterangan domisili usaha (SKDU) dari kelurahan setempat

10.  Scan fotocopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Usaha (SIUP)

11.  Scan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

12.  Scan melampirkan Fotocopi dokumen kajian Lingkungan (Amdal/Upaya Pengelolaan Lingkungan)

13.  Akte Pendirian Badan Usaha (Tentatif)

14.  SIP Dokter Hewan Praktik (Tentatif)

15.  SIP Dokter Hewan Penanggung Jawab (Tentatif)

16.  Kerjasama Pengelolaan Limbah Medis (Tentatif)

17.  Memiliki kandang untuk observasi (Tentatif)

18.  Surat pernyataan dokter hewan penanggung jawab mentaati kaidah-kaidah keprofesionalan kedokteran hewan, sumpah dan kode etik kedokteran hewan serta turut bela nehgara dalam bidang kesehatan hewan dengan berpartisipasi dalam pelaksanaan Sistem kesehatan Hewan Nasional (Tentatif)

 

D. Sumber Daya Klinik

1.      Tenaga Medis

Dalam usaha klinik hewan bersama ini membutuhkan sumber daya manusia yang terdiri dari tenaga medis yaitu 5 orang dokter hewan yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang merawat hewan (untuk bagian grooming). Selain menjadi tenaga medis, 5 dokter hewan ini juga merangkap menjadi pimpinan dan staf medis dalam susunan organisasi kepemimpinan klinik hewan.

2.      Distributor

Agar usaha ini dapat berjalan dan bertahan dengan baik, maka klinik hewan kami melakukan kerja sama dengan para distributor lainnya, sehingga produk yang kami butuhkan dapat dengan mudah di dapatkan. Distributor yang dimaksudkan yaitu orang yang memasokkan barang yang dibutuhkan oleh klinik hewan seperti alat medis, peralatan hewan, makanan hewan dan kebutuhan klinik lainnya.

 

 

3.      Masyarakat Sekitar

Selain tenaga medis dan distributor, masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran klinik ini, karena memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar klinik sangat mendukung dan mempengaruhi kelancaran usaha pada klinik hewan ini.

4.      Struktur Organisasi Klinik


 

 skema

                                                                                        

a.    Pimpinan Klinik Hewan

1.      Memimpin, membinadan mengendalikan klinik hewan secara umum

2.      Menentukan segala kebijakan yang berlaku di klinik hewan

3.      Bertindak sebagai penanggung jawab umum di klinik hewan

b.    Administrasi dan Keuangan

1.    Bertanggung jawab terhadap pimpinan klinik hewan

2.    Bertanggung jawab atas pembayaran dan penerimaan barang yang masuk ke dalam klinik hewan

3.    Bertanggung jawab atas uang yang keluar dan masuk di dalam klinik hewan

4.    Merekap semua keuangan di klinik hewan

c. Petshop

1.    Bertanggung jawab terhadap pimpinan klinik hewan

2.    Bertanggung jawab terhadap segala kebutuhan dan peralatan pet shop di klinik hewan

d. Medis

1.    Bertanggung jawab terhadap pimpinan klinik hewan

2.    Bertanggung jawab terhadap klien dan pasien yang datang ke klinik hewan

e.  Laboratrium

1.    Bertanggung jawab terhadap pimpinan klinik hewan

2.    Bertanggung jawab terhadap segala kebutuhan dan peralatan laboratorium di klinik hewan

 

E. Rencana Permodalan

Analisis permodalan

Biaya Investasi

No

Uraian

Jumlah

1

Sewa Ruko

Rp. 3.000.000,00

2

CCTV 5@450.000

Rp. 2.250.000,00

3

Genset

Rp. 2.500.000,00

4

AC 5@3.500.000

Rp.17.500.000,00

5

Vacuum Cleaner 2@800.000

Rp. 1.600.000,00

Total

Rp.26.850.000,00

 

Klinik

Kantor dan Administrasi Dokter

Komputer

 Rp. 5.000.000,00

Kursi 6@ 1.500.000

Rp. 9.000.000,00

Meja Konsultasi

Rp. 4.500.000,00

Papan Nama

Rp.    500.000,00

Peralatan Administrasi Kantor

Rp.    500.000,00

Printer

Rp. 1.500.000,00

Total

Rp. 21.000.000,00

 

Peralatan Medis Non-Disposable

Alat Operasi Major

Rp. 9.500.000,00

Alat Operasi Minor

Rp.    165.000,00

Alat Timbangan

Rp. 1.750.000,00

Autoclave

Rp. 1.550.000,00

Baskom Stainless

Rp.    200.000,00

Container Stainless

Rp.    412.000,00

Cooler Box

Rp.    380.000,00

Kandang Rawat Inap

Rp.    900.000,00

Kidney Tray

Rp.    140.000,00

Lampu Operasi

Rp. 9.500.000,00

Lemari Obat

Rp. 1.880.000,00

Meja Alat Bedah

Rp. 1.400.000,00

Meja Operasi

Rp. 2.350.000,00

Meja Periksa

Rp. 1.700.000,00

Mikroskop Binocular

Rp. 2.700.000,00

Nailclipper

Rp.      80.000,00

Otoscope

Rp.    800.000,00

Peralatan Diagnosa Klinis

Rp. 4.225.000,00

Peralatan Keselamatan Petugas

Rp. 1.600.000,00

Peralatan Pelayanan Kesehatan Hewan

Rp. 3.000.000,00

Peralatan Penanganan Limbah Pelayanan Kesehatan Hewan

Rp. 3.000.000,00

Peralatan Pengendalian Hewan

Rp.    420.000,00

Peralatan Penunjang Diagnosa Laboratorium Sederhana

Rp.20.000.000,00

Peralatan Penyimpanan Obat

Rp. 6.000.000,00

Stetoscope

Rp. 1.736.000,00

Thermometer

Rp.    132.000,00

Tiang Infus

Rp.    440.000,00

X-Ray Viewer

Rp.    680.000,00

Total

Rp. 76.640.000,00

 

Peralatan Medis Disposable

Alat Rekam Medis

Rp.  1.500.000,00

Alkohol

Rp.     500.000,00

Obat - obatan

Rp.20.000.000,00

Arteri Klem Lurus 12

Rp.       40.000,00

Baju Bedah L

Rp.     200.000,00

Baju Bedah M

Rp.     185.000,00

Baju Bedah S

Rp.     150.000,00

Benang Operasi

Rp.     110.000,00

Disposable Needle

Rp.       50.000,00

Disposable Syringe

Rp.     300.000,00

Gunting Bengkok

Rp.       25.000,00

Gunting Lurus

Rp.       20.000,00

Infusion Set

Rp.       15.000,00

IV Catheter

Rp.       10.000,00

Kain Operasi L

Rp.       90.000,00

Kain Operasi S

Rp.       90.000,00

Peralatan Pengobatan

Rp.  1.000.000,00

Pinset bayonet

Rp.       50.000,00

Tromol Besar

Rp.     220.000,00

Tromol Kecil

Rp.     185.000,00

Urin Catheter

Rp.     120.000,00

Total

Rp.24.860.000,00

 

Tenaga Kerja

Pimpinan

Rp.  2.500.000

Tenaga Perawat 4@2.000.000

Rp.  8.000.000

Tenaga Administrasi

Rp.  1.500.000

Tenaga Pendukung

Rp.  1.000.000

Total

Rp.13.000.000

 

Pet Shop dan penitipan hewan

Pet Shop dan Penitipan Hewan

Komputer

 Rp. 3.000.000,00

Kursi

Rp.    800.000,00

Meja Kasir

Rp. 1.500.000,00

Peralatan Administrasi

Rp.    500.000,00

Printer

Rp. 1.500.000,00

Kandang 15@500.000

Rp. 7.500.000,00

Alat grooming

Rp. 1.500.000,00

Total

Rp. 16.300.000,00

 

Biaya Tidak Tetap

Barang – barang Pet Shop

Pet food

Rp.  1.500.000,00

Shampo

Rp.     500.000,00

Aksesoris

Rp.  2.000.000,00

Pasir

Rp.     800.000,00

Kandang

Rp.  2.500.000,00

Alat grooming

Rp.  1.000.000,00

Total

Rp. 8.300 .000,00

 

Tenaga Kerja

Kasir

Rp.  1.500.000,00

Penjaga pet shop

Rp.  1.500.000,00

Groomer

Rp.  1.500.000,00

Total

Rp.  4.500.000,00

 

Biaya Operasional (Selama 30 hari/300pcs)

Biaya Tetap

 

No

Uraian

Jumlah

1.

Listrik

Rp. 3.000.000,00

2.

Air

Rp.    500.000,00

3.

Komunikasi

Rp.    500.000,00

4.

Alat Tulis dan Cetak

Rp.    850.000,00

Total Biaya Tetap

Rp. 4.850.000,00

 

l  Pengeluaran Klinik

Kantor dan administrasi Rp. 21.000.000,00

Peralatan medis Non-disposable Rp. 76.640.000,00

Barang disposable Rp.24.860.000,00

Tenaga Kerja Rp. 13.000.000,00

Total : Rp. 135.000.000

 

l  Pengeluaran Pet Shop

Peralatan pet shop Rp. 16.300.000,00

Barang tidak tetap (stok produk) Rp. 8.300 .000,00

Tenaga kerja Rp.  4.500.000,00

Total : Rp. 29.100.000,00

 

l  Biaya operasional

Sewa gedung, cctv, ac, dll Rp.26.850.000,00

Listrik, air, komunikasi Rp. 4.850.000,00

Total : Rp. 31.700.000,00

Total pengeluaran : Rp. 195.800.000,00

 

·         Pemasukan Klinik

Pendaftaran pasien @50.000 x 8 = 400.000 x 30 = Rp. 12.000.000,00

Pemeriksaan dokter @350.000 x 8 = 2.800.000 x 30 = Rp. 84.000.000,00

Perawatan medis (opname) @500.000 x 5 = 2.500.000 x 30 = Rp. 75.000.000,00

Total Pendapatan perbulan =  Rp. 171.000.000,00

 

·         Pemasukan Petshop

Penjualan paket makanan @55.000 x 5 = 275.000 x 30 =Rp. 8.250.000,00

Penjualan paket pasir @50.000 x 5 = 250.000 x 30 =Rp. 7.500.000,00

Penjualan kandang @150.000 x 2 = 300.000 x 30 =Rp. 9.000.000,00

Penjualan alat grooming @35.000 x 5 = 175.000 x 30 =Rp. 5.250.000,00

Penjualan paket shampo + aksesoris @60.000 x 5 = 300.000 x 30 = Rp. 9.000.000,00

Pelayanan Paket Salon Kucing @35.000 x 5 = 175.000 x 30 =Rp. 5.250.000,00

Penitipan Hewan @30.000 x 5 = 150.000 x 30 = Rp. 4.500.000,00

Total Pendapatan perbulan = Rp. 48.750.000,00

 

Total pemasukan :       Pemasukan Klinik + Pemasukan Pet Shop

Rp. 171.000.000,00 + Rp. 48.750.000,00

Rp. 219.750.000,00

 

Untung/Rugi : total pemasukan - total pengeluaran

Rp. 219.750.000,00 -  Rp. 195.800.000,00

Rp. 23.950.000,00 (Untung)

 

 

F. Penutup

Klinik hewan bersama yang akan kami jalankan dapat menjadi rujukan pertama bagi pet owner untuk memeriksakan hewan kesayangannya. Dengan berdirinya klinik ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengurangi penyakit zoonosis dan dapat melakukan pengambangan pengobatan di bidang kesehatan hewan. Klinik kami juga akan melakukan diagnoasis dengan teknologi terbaru supaya penegakan diagnosis semakin tepat dan proses pengobatan dapat berjalan dengan baik

 

 

 

Komentar